Welcome

This is my blog, Enjoy it...

30 Agt 2010

Menulis itu Mudah, Antara Bakat dan Ketekunan


Jujur...menulis bukan suatu hal yang mudah bagi gw, mungkin bagi beberapa sobat yang lain.

"Ga sah terlalu banyak dipikir, tulis aj" itu kata temen gw.

Ga semudah itu menurut gw, untuk menulis sesuatu pasti ada satu hal yg u pikirkan trus u kembangin n u juga ga bakal bisa kembangin secara sembarangan, salah-salah cerita u malah ga nyambung n ga jelas isi ceritanya.

Seperti kata pepatah, "Pisau akan semakin tajam, apabila semakin diasah."

Kemampuan seseorang untuk menulis dan menghasilkan suatu karya yang menarik bukan semata-mata karna bakat, tapi juga karna latihan. Gw percaya para penulis-penulis handal macam Stephenie Meyer, JK. Rowling, ga sah jauh2 deh, yang lokal juga ada, macam Raditya Dika, n Dewi Lestari dsb. pasti juga pernah salah dalam menulis, cerita kurang "menggigit" lah, alur ga jelas, pastinya mereka juga pernah keabisan ide dalam menulis, "Wah nulis apa lagi ya, apakah mesti kyk gini ya nantinya, salah2 alur malah monoton dah pembacanya pada kecewa.

Berawal dari sebuah blog sederhana yang mungkin masih belom dilirik banyak orang, gw akan mencoba melatih kemampuan menulis itu.

Ide?
banyak ide yang bisa u dapet sebenernya, sederhana aj, awalnya ga jauh2 dlu dari diri u, soal persahabatan, keluarga, cinta. Trus u bisa kembangin sesuai imajinasi u. Itulah mengapa seorang penulis yang handal bisanya memiliki rasa imajinasi yang tinggi. U bisa bikin suasana sesuai dengan pikiran u, n kemudian dituangkan dalam tulisan u.

Kosakata u masih dikit?
saran gw, banyak2 lah baca buku, ga sah kamus juga (mabok klo u baca kamus yang segitu tebelnya). Dengan banyak baca buku, semakin banyak pula kosakata yang u dapatkan. Klo masih bingung sama artinya, u bisa gunakan kamus sebagai panduan. Kata dosen gw, Dalam kamus besar bahasa Indonesia tuh terdapat kurang lebih 200.000 kata, u cukup gunakan 10% saja tuh dah bisa buat sebuah cerpen, atau novel sederhana (that's it, ga sulit kan)

Ga ada niat?
Padahal inilah yang paling utama dalam menulis. Ibarat kata seorang kuli ga niat dalam bikin bangunan, dah pasti bagunannya bakalan gampang roboh. Klo u ga niat, mending ga sah nulis, luntang-lantung kaki aj sono u. Klo mo semangat nulis, kyknya u butuh dorongan dari orang2 terdekat u, biar u bisa terpacu lagi..

Percaya pada kemampuan diri u, tulis sesuai gaya bahasa u, kemampuan u, kembangkan terus, g yakin u bisa menjadi penulis yang berbakat.
GBU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar