Welcome

This is my blog, Enjoy it...

29 Agt 2010

Sorry, Gw Ga "Damai" Sama Tilang

Emank lagi apes kali ya ane hari ini, ane kena tilang gan (Wah mencoreng rekor mulus ane dalam berkendara gan, pertama kalinya ane kena tilang..)

Kronologisnya gini gan:

Tadi pagi (4 Agustus 2010) sekitar pukul 11.00, ada temen ane minta nebeng drop-in di perempatan Islamic, yg mo ke arah Lippo (warga tangerang pasti tau). Setau ane daerah ini cukup rawan polisi, jadi ati2 aj klo lewat sini.

Dalam perjalanan ane dah filling ni kyknya bakalan ada sesuatu, apalagi boncengan ane kagak pake helm, tapi ane tetep santai aj..
Pas sampe perempatan nih, ane turunin tuh temen ane, temen ane dah naek angkot, kemudian 50 meter jalan, tiba2 ane di stop sama polisi, trus ditanya.

Polisi (P): maaf dek, bisa liat sm n stnk nya?
Ane (A): manknya kenapa pak?
P: tadi adek drop-in temen adek di perempatan situ, ga pake helm tuh temennya

Anjrit ni polisi mata nya jeli amat klo ngeliat masalah ginian, padahal ane dah dropin di posisi yg strategis ga keliatan polisi..pikir ane
ane tetep pasang muka sok cool gitu gan, biar ga di klecein sama tuh polisi

A: kan saya cuma dropin doank pak
P: sama aj, adek tetep ditilang atas tuduhan penumpang tidak menggunakan helm

wew..ya dah ane pasrah aja..

Ane ngeliat dy kan nulis2 gitu di surat tilang warna nya merah gitu. Setau ane klo warna merah tuh berarti ane tidak mengakui kesalahan, dan akan mengikuti sidang..

A: loh koq slip merah pak, saya minta slip birunya..

Ane agak lupa dy ngomong gmn, klo ga salah dy bilang, no rekening banknya ga aktif....

A: brarti mesti ngurus k pengadilan donk pak? trus biaya dendanya berapa kira2?
P: iya, ya 250rb lah kira2..
A: mahal amat pak
P: apa mau dititipin saja uangnya ke saya, biar saya yg ngurus, bisa lebih murah koq.. *tambangnya kyk harap2 gitu

dalam hati ane, "wah kacau juga ni polisi"

A: wah ga usah deh pak, biar saya urus sendiri aja..

Trus, selese itu, ane dikasih slip merah n sim ane d tahan. Tulisannya ane mesti dateng k pengadilan negeri tangerang (alamatnya di jalan TMP taruna, searching aj d google) tanggal 24 agustus 2010 (lama bgt oi). Kata polisinya c disatuin sama yg pelanggar2 yg laen..

catatan:
ane ga berpikir untuk "damai" wktu itu, klo sidang ya dah sidang aja, sekalian ane juga pengen tau suasana sidang tuh kyk gmn..
No "damai" for tilang prinsip ane, miris juga ane ngeliat mental polisi yg nilang ane kyk gitu..
Orang bilang gw bego, sok suci, muna, atw segala macamnya biarkan lah...

Permasalahan nya sekarang adalah:
Ane baru pertama kali di tilang, trus langsung pengadilan lagi. Kira2 ngurus di pengadilan itu ribet ga c (terutama pengadilan tangerang? Trus klo untuk pelanggaran kyk ane (penumpang ga pake helm) kena dendanya berapa?

Bener2 butuh info ni...

Btw, Doain ane ya bwt tgl 24 agustus nanti, ntar ane update hasil sidang ane..

Update gan

tepat tgl 24 Agustus ane dateng ke pengadilan, waktu tu masih jam 7 pagi (rajin amat ya pagi2 dah k sana), bwt ngecek nama, ada ga nama ane d sana.

Ternyata pas pagi2 tu suasana masih cukup sepi ada sekitar 5 orang selain ane, tp beberapa diantara nya ane yakini adalah calo. Di situ ada papan tulis yg berisi daftar nama peserta tilang, banyak bgt gan ada sekitar 1600 nama. Wah dah pusing ane nyari nama ane, tp akhirnya ketemu juga. Pas barengan ane ad juga yg lagi cari nama, tp dy nyarinya cepet bgt dah ketemu aj, ckckck mank dah pengalaman dah tuh calo klo cari nama...

Ternyata sidangnya itu baru mulai jam 9.30 gan, daripada nunggu selama 2 jam lebih mending ane kuliah dlu deh...

Selese kuliah, jam 10 ane sampe di sana, suasananya cukup rame gan. Klo mo tahu, tempat pengambilan sim nya itu berada di sebelah kiri..

Ternyata tata cara pengambilan sim nya ga ribet gan, gini gan:
1. Taro slip tilang ane di meja yg berada di depan gedung (rame bgt gan orang yg pada ngumpul di depan mejanya, sampe susah ane mo naronya)
2. Tunggu deh sampe nama ente dipanggil (prosesnya ini yg agak makan waktu, ane nunggu sekitar 1 jam)
3. Setelah nama ente dipanggil, ente mesti buru2 bilang "Iya", "Ada", klo ga ntar ente dilewatin. Klo udah gitu ente masuk deh ke dalem
4. Di dalem ada 2 ruangan gan, kiri n kanan. Pertama ente masuk ke kiri, di sini ente ketemu hakimnya (tp mesti nunggu giliran ya gan), di tanya2in segala macem dah, kesalahannya apa, trus di kasih tau mesti bayar berapa. Selanjutnya ente pindah ke gedung kanan, bwt bayar dendanya
5. Selesai semua, SIM pun kembali ane dapatkan

Kesimpulan ane dari sidang tersebut:
Ternyata prosesnya ternyata ga ribet koq gan, trus pas udah masuk di ruangannya ga sampe 20 menit, ente dah dapet SIM ente kembali. (yg lama pas nunggu di panggil di luar aj koq)

oiya sekedar informasi, klo untuk denda helm seperti yg ane alami dendanya Rp 40.000,00

Sekian gan


*sebagai informasi: tulisan ini pernah ane buat sebagai trit d kaskus, salam kaskuser

2 komentar:

  1. nais inpoh gan... ane bsk mo sidang juga... mana jauh juga tangerang... ane dr bogor... ketilang pas pulang abis kondangan kerumah temen di Tangerang...

    BalasHapus
  2. sama2..
    terima kasih sudah berkunjung ke blog ane..

    BalasHapus