Welcome

This is my blog, Enjoy it...

24 Mar 2010

Jurnalisme

Jurnalisme adalah bidang disiplin dalam mengumpulkan, memastikan, melaporkan, dan menganalisis informasi yang dikumpulkan mengenai kejadian sekarang, termasuk tren, masalah, dan tokoh. Definisi tersebut saya ambil dari wikipedia.com. Orang yang melakukan pekerjan jurnalistik disebut jurnalis atau wartawan.

Entah mengapa saya tertarik untuk membahas mengenai jurnalisme. Mungkin karena saya tertarik untuk memilih bidang peminatan ini pada semester berikutnya. Tapi intinya saya ingin berbagi sedikit pengetahuan saya mengenai jurnalisme.

Saya akui bahwa pekerjaan yang dilakukan oleh jurnalis bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Terutama berkaitan dengan deadline. Ya, deadline. Seorang jurnalis pasti tidak akan pernah lepas dengan hal ini. Mereka dituntut untuk segera menghasilkan berita yang baik dalam batas waktu tertentu. Waktu menjadi pegangan dalam hidup mereka.

Pada pembelajaran pengantar jurnalistik yang saya dapatkan, dosen saya menjelaskan mengenai sembilan elemen jurnalistik. Elemen-elemen tersebut itu peroleh dari “The Elements of Journalism”, sebuah buku yang ditulis oleh Bill Kovach dan Tom Rosenstiel (buku ini sudah secara universal menjadi pegangan bagi para jurnalis, terutama di negara demokrasi), ada sembilan elemen jurnalisme. Sembilan elemen ini diperlukan agar seorang jurnalis memenuhi kewajiban mereka dalam penyediaan informasi bagi orang-orang. Sembilan elemen tersebut adalah:

1. Kewajiban utama jurnalisme adalah pada pencarian kebenaran.
2. Loyalitas utama jrnalisme adalah pada warga negara.
3. Esensi jurnalisme adalah disiplin verifikasi.
4. Jurnalis harus menjaga independensi dari objek liputannya.
5. Jurnalis harus membuat dirinya sebagai pemantau independen dari kekuasaan (sebagai watchdog)
6. Jurnalis harus memberi forum bagi publik untuk saling kritik dan menemukan kompromi.
7. Jurnalis harus berusaha membuat hal penting menjadi menarik dan relevan.
8. Jurnalis harus membuat berita yang komprehensif dan proporsional.
9. Jurnalis harus diperbolehkan mendengarkan hati nurani personalnya.

2 komentar: